13 Cara untuk Mengatasi Rambut Kering

Memiliki rambut indah nan sehat merupakan dambaan bagi banyak orang, terlebih untuk wanita. Untuk mendapatkan rambut sehat, ada baiknya kamu mengetahui beberapa cara merawat rambut kering yang dapat kamu lakukan. Selain melakukan perawatan di salon, kamu juga bisa lho melakukan cara merawat rambut kering ini di rumah! Selain hemat, kamu juga bisa me time sambil nonton serial favoritmu kan. Yuk kita bahas satu-satu caranya

Rutin Potong Ujung Rambut

Cara merawat rambut kering yang sangat simpel namun sering terlupakan adalah memotong ujung rambut secara rutin. Dengan memotong ujung rambut dapat menghilangkan rambut kering dan bercabang yang biasanya terlihat diujung rambut. Kamu disarankan untuk memotong ujung rambut setiap dua atau tiga bulan sekali untuk menjaga agar ujung rambut tetap sehat.

Keramas Menggunakan Air Dingin

Cara mengatasi rambut kering lainnya yakni biasakan mandi dan keramas pakai air dingin. Membiasakan mandi dan keramas Spaceman dengan air dingin ternyata memiliki manfaat untuk rambutmu lho, Realfoodfam! Suhu kepala yang dingin akan membantu melancarkan peredaran darah yang mengandung nutrisi dan zat-zat yang diperlukan jaringan di kulit kepala. Hal ini dapat membantu menjaga kekuatan akar rambut sehingga tidak mudah rontok

Menggunakan Conditioner Sehabis Keramas

Dilansir dari Healhtline, bahan yang terkandung dalam kondisioner dapat membuat kutikula rambut tetap sehat dan juga menjaga kadar minyak alami. Menggunakan kondisioner dapat mengembalikan kelembapan rambut dan menghidrasi kulit kepala dan rambut agar lembap secara lebih mendalam. Pastikan untuk mengaplikasikannya di batang rambut saja ya, agar kulit kepala tidak berminyak dan menimbulkan masalah rambut lainnya. Penggunaan kondisioner secara rutin juga server filipina penting khususnya bagi kamu yang sering menggunakan alat styling. Sebab, kondisioner memiliki fungsi memberi lapisan perlindungan pada rambut.

Hindari Sinar UV Secara Langsung

Menurut National Library of Medicine, sinar ultraviolet dapat merusak batang rambut seperti halnya dapat merusak kulit. Sengatan sinar matahari, dan cuaca dapat merusak kondisi rambut dan membuatnya kering. Realfoodfam yang memiliki aktivitas outdoor cukup tinggi mulai sekarang wajib menggunakan topi atau payung ya untuk melindungi rambut, dan juga kurangi terlalu lama dibawah sinar matahari secara langsung.

Gunakan Masker Rambut

Menggunakan masker rambut juga bisa jadi salah satu cara merawat rambut kering yang ampuh dan bisa kamu lakukan secara rutin di rumah lho, Realfoodfam! Masker rambut bisa memenuhi kebutuhan nutrisi starlight princess yang dibutuhkan rambut. Apabila nutrisi rambut terpenuhi dengan baik, kesehatan rambutmu akan membaik dan rambut akan lebih lembut, indah, dan berkilau. Kamu bisa menggunakan masker rambut dari bahan yang ada di rumah seperti santan, yogurt, pisang, dan alpukat. Caranya, kamu dapat menghaluskan bahan diatas dan mengoleskannya ke rambut dan tunggu hingga 20-30 menit sebelum membilasnya dengan bersih.

Mengonsumsi Vitamin untuk Rambut

Tahukah Moms bahwa cara merawat rambut kering dan rontok membutuhkan vitamin tertentu untuk menutrisi akar rambut. Selain melakukan perawatan rutin dari luar, mengonsumsi vitamin yang memiliki kandungan Vitamin A, vitamin C, dan biotin juga menjadi salah satu cara membuat rambut kering menjadi lebih sehat lho, Realfoodfam! Tak hanya memiliki manfaat untuk akar rambut, vitamin ini juga baik untuk kesehatan kuku dan kulit.

Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan salah satu tanaman yang dikenal khasiatnya untuk mengatasi masalah rambut. Lidah buaya memiliki banyak kandungan air sehingga mampu menjaga kelembapan dan menenangkan kulit kepala. Kamu dapat menjadikan lidah buaya sebagai masker rambut dengan mengambil lapisan gel nya dan mengoleskan ke akar rambut selama beberapa saat sebelum dibilas.

Selain menjadikannya sebagai masker, kamu juga dapat mengonsumsi Realfood Hair Power yang mengandung sarang burung walet, dan lidah buaya. Realfood Bird’s Nest Hair Power mengandung Epidermal Growth Factor (EGF) yang dapat membantu pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Selain itu, Vitamin A pada ekstrak lidah buaya dapat membantu mencegah rambut kering dan mencegah kebotakan. Selain itu, Vitamin E pada ekstrak lidah buaya juga membantu melembutkan dan membuat rambut tampak berkilau. Kamu bisa mengonsumsi Realfood Hair Power 1 jar sehari selama 12 hari dan melihat hasilnya.

Mengonsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Cara merawat rambut kering lainnya adalah dengan menjaga asupan makanan, salah satunya meningkatkan konsumsi antioksidan pada makanan yang dapat berfungsi untuk melawan stress. Pasalnya stress dapat menjadikan rambut kering, dan juga rapuh. Kamu bisa mengonsumsi makanan seperti kacang merah, brokoli, tomat, dan buah-buahan berry yang terkenal kaya antioksidan.

Gunakan Serum atau Vitamin Rambut

Terkena panas matahari atau alat styling rambut membuat rambutmu menjadi kering dan rusak. Keramas 2-3x seminggu tidak cukup menjaga kesehatan rambutmu. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan hair serum/vitamin. Serum rambut memiliki fungsi untuk membantu melindungi rambut dari efek kerusakan akibat paparan panas, membuat rambut halus dan tidak mudah kusut, serta membuat rambut menjadi lebih berkilau. Biasanya serum atau vitamin rambut yang banyak ditemui dipasaran berbentuk spray dan juga cair. Kamu bisa mengaplikasikannya secara rutin setelah keramas saat rambut masih setengah basah.

Aplikasikan Heat Protector Sebelum Styling Rambut

Seringnya menggunakan alat penata rambut, seperti hair dryer, catokan, dan pengeriting dapat membuat rambutmu terasa panas dan menjadikannya kering dan kusam jika dilakukan secara rutin. Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan heat protector sebelum menggunakan alat penata rambut. Semprotkan pada rambut dan tunggu hingga menyerap sebelum kamu menstyling rambut dengan tools favoritmu. Heat protector biasanya berupa spray atau serum cair yangmemberikan lapisan perlindungan terhadap panas yang dikeluarkan alat styling hingga suhu 232 derajat celcius.

Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa dipercaya dapat menambah kilau rambut dan juga memperbaiki ujung rambut yang rusak. Selain itu, minyak kelapa juga membantu melindungi rambut setelah terpapar sinar matahari. Kamu dapat mengaplikasikan minyak kelapa pada batang, akar, hingga ujung rambut. Diamkan 20 menit sebelum membilasnya dengan shampo secara berulang. Pastikan agar membilasnya hingga bersih ya, Realfoodfam!

Hindari Keramas Terlalu Sering

Beberapa orang menganggap bahwa keramas dapat membantu rambut menjadi lebih sehat, padahal hal tersebut justru membuat rambutmu kering loh, Realfoodfam! Dengan keramas setiap hari, rambutmu kehilangan sebum. Mengutip International Journal of Trichology, sampo tak hanya menghilangkan kotoran dan keringat dari rambut, tetapi juga menghilangkan sebum rambut. Sebum adalah minyak alami yang membuat rambut lebih mudah dirawat dan, jika jumlahnya pas, membuat rambut tampak berkilau. Dengan hilangnya sebum maka akan mengurangi kelembapan alami pada rambut.

Hindari Bahan Yang Memicu Rambut Semakin Kering

Silikon, alkohol, dan sulfat merupakan beberapa bahan yang dapat menyebabkan rambutmu menjadi kering. Silikon dapat menghalangi penyerapan nutrisi dan juga kelembaban yang dibutuhkan oleh rambut. Sedangkan alkohol dapat membuat rambutmu menjadi dehidrasi. Sementara sulfat dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan rambut sehingga membuat rambut menjadi lebih kering. Jadi mulai sekarang, perhatikan kandungan yang ada didalam produk perawatan rambutmu ya Realfoodfam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *